Latihan Aerobik: Membuat Jantung kuat dan bebas Lemak

Latihan Aerobik: Membuat Jantung kuat dan bebas Lemak

By. Adi Sucipto

Cara paling efektif membuat jantung kuat memompa darah adalah latihan aerobic. Secara sederhana latihan aerobic adalah latihan dengan banyak menghirup O2. dan latihan ini banyak melibatkan jantung paru dan peredaran darah.
Walau orang mengenal aerobic sebatas usaha menurunkan berat badan, namun aerobic lebih dari itu. Latihan aerobic bisa dilakukan dengan berbagai macam. Adapun latihan aerobic yang sering digunakan adalah treadmill (mesin simulasi untuk jalan dan lari), bersepeda, stationary bike/sepeda gym, StairMaster/StairStepper (simulasi menaiki anak tangga dengan mesin), renang, badminton, tennis, volly, jogging, mendaki gunung, dan banyak lagi lainnya. Semuanya sebenarnya sama saja.

Olahraga apa saja, asalkan bisa membuat detak jantung (heart rate / HR) anda naik ke level yang tidak melebihi kapasitas jantung anda, maka olahraga itu bisa di samakan dengan aerobic. Bahkan bermain Golf juga bisa di sebut aerobic, asalkan jangan pakai mobil (jalan kaki saja!). Binaragawan memakai aerobic sebagai sarana untuk membakar lemak dan melatih kemampuan cardiovascularnya, yaitu kemampuan seseorang memakai oksigen untuk aktifitas fisik secara efisien (atau VO2 – volume O2/oksigen).

Banyak orang gelisah karena kelebihan lemak tubuh, dan yang paling susah lagi sulit mengurangi lemak dari tubuh. Jangan heran, memang itulah cara kerja tubuh kita. Tubuh akan melakukan apa saja untuk mempertahankan lemak itu agar tetap berada di tempatnya. Tubuh butuh lemak untuk energi, untuk mendukung proses metabolisme.

Bagi orang gemuk semakin keras berolahraga atau diet, maka semakin keras upaya tubuh mempertahankan lemaknya agar tak terbuang. Hal ini kerana tubuh menciptakan mekanisme metabolisme secara lebih efisien dari sebelumnya. Hilang satu tumbuh seribu, begitulah kurang lebih. Solusi masalah ini adalah kita meniru metabolisme orang kurus. Orang kurus punya metabolisme cepat, apapun yang dimakannya tidak akan menjadi lemak. Mengacu pada fakta itu, maka jawabannya adalah, anda harus pacu metabolisme anda layaknya orang kurus. Bagaimana caranya menurunkan berat badan? Caranya dengan latihan aerobic yang teratur.

Banyak orang mengetahui antara kegemukan dan obesitas. Obesitas lebih parah tingkatannya. Lemak tubuh lebih dari 25% (pria) dan 30% (wanita) masuk kategori obesitas. Kegemukan menyebabkan seseorang terlihat tua dan tidak menarik, tak peduli sebagus apapun pakaian dan kepribadiannya. Cermin tak pernah bohong, terutama jika anda berdiri di hadapannya, telanjang bulat. Pakaian bisa bohong, tapi tidak yang satu ini. Orang gemuk paling gampang kena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kanker payudara.

Orang punya badan besar di karenakan latihan, maka ototnya menjadi hypertrofi (membesar). Tetapi sebalinya jika berbadan besar bukan karena latihan yang terjadi lemaknya meningkat, bukan ototnya. Ini nampak pada saat melakukan kontraksi pada anggota tubuh itu dan tetap tak tampak ototnya, maka itu adalah lemak berlebih.
Menurut ilmu genetika, kegemukan diturunkan dari orang tua ke anaknya mengikuti “hukum mendel”.
Orang gemuk cenderung lamban dalam aktifitas, tapi suka makan terutama yang manis-manis, bila dibandingkan dengan orang normal. Orang gemuk bisa tampak fit, tapi itu semu. Lihat saja pegulat sumo, atau Anthony Clark, orang terkuat sedunia. Tetap saja mereka bagaikan bom waktu, bisa meledak kapan saja. Orang gemuk harus 2 kali lebih rajin olahraga ketimbang mereka yang tidak gemuk. Dalam latihan aerobik orang gemuk harus hati-hati bahkan sebaiknya periksa dulu ke dokter sebelum mengikuti latihan.
Tip untuk menurunkan lemak dan meningkatkan kebugaran jasmani hanya satu jawabannya yaitu latihan aerobic. Coba semua itu dijaga agar tetap ideal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: